KOMPAS adalah alat
navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas
menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan
rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah
mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila
digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat
dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan
membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih
berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah. Kompas bekerja dengan
cara yang sederhana. Pada dasarnya hanya menunjukkan arah utara dan selatan.
Bagian utamanya adalah sebatang jarum (istilah untuk menggambarkan lempeng
tipis logam magnetis yang kedua ujungnya meruncing) yang diletakkan dan
diusahakan dapat bergerak bebas pada poros tengahnya sehingga bisa bergerak
menunjuk arah utara dan selatan. Pada perkembangan berikutnya jarum tersebut
dilekatkan pada bidang berbentuk bundar dengan simbol-simbol arah mata angin
lengkap dengan garis derajatnya. Menurut beberapa catatan sejarah,kompas sudah dibuat pada masa Dinasti Qin (221
– 206 sebelum masehi). Awalnya, kompas bukan digunakan sebagai alat navigasi
seperti dewasa ini. Orang-orang Cina pada waktu itu memakainya untuk membantu
menerapkan salah satu dari tradisi mereka yang terkenal, feng-shui. Pemahaman
tentang tata-letak yang bisa mempengaruhi kehidupan manusia. Penemuan bahwa
jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan
diuraikan dalam buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah
mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang
berputar.Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina, lalu
memperdagangkannya. Pada tahun 1877, orang Inggris, William Thomson, 1st Baron
Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh semua negara.
Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi magnetik karena
meningkatnya penggunaan besi dalam arsitektur kapal. ***
No comments:
Post a Comment